Pages

Monday, October 21, 2013

Membuat Ide Bekerja

Berbagai ide kreatif dan inovatif di dunia digital industri yang Andi Surja Boediman temui menjadi pijakan awalnya dalam mengibarkan Ideosource. Digital venture capital ini pun tumbuh dengan orientasi global dengan menggandeng perusahaan dan investor, baik lokal maupun luar negeri.

Oleh Resi Fahma G.

Siang di akhir bulan lalu, kami – reporter dan fotografer Fortune Indonesia, memiliki janji bertemu dengan Andi Surja Boediman di sebuah restoran, di mall Plaza Senayan. Dengan kemeja merah kotak-kotak dan celana jeans, sosoknya terlihat santai. Ketika kami datang, ia sedang berbincang dengan seorang mitra bisnisnya. “Sebentar ya, saya selesaikan dulu,” ujar Andi. Tak lama berselang, ia pun menghampiri kami dan memulai perbincangan.

Rapat, baik di kantor atau pun di luar kantor memang menjadi bagian yang tak terpisahkan baginya. Mulai dari membahas potensi perusahaan yang akan ia beri modal, hingga operasional dan managemen perusahaan tersebut. Ya, Andi memang tengah sibuk menyeleksi sejumlah start up untuk diberi investasi modal oleh Ideosource, venture capital yang ia dirikan sejak Juli 2011.

Bertemu dengan banyak pendiri perusahaan yang kreatif dan inovatif menjadi ide awal baginya untuk mendirikan venture capital. Itu pula yang menjadi dasar penamaan Ideosource. Pengalamannya sebagai Chief Innovation Officer (CIO) plasa.com, anak usaha PT Telkom Indonesia, menjadi pijakan sekaligus memperkaya perspektifnya dalam berinovasi. Menurutnya, butuh sinergi yang tepat dalam mengembangkan sebuah produk digital, baik secara top down ataupun bottom up. “Saya percaya dua-duanya perlu lahir. Makanya saya buat ideosource,” Ujar Direktur PT Ideosource Asia ini.  Oleh sebab itu, Ideosource tak sekedar memberikan pendanaan, namun juga memberikan nilai lain, yaitu bimbingan, kemitraan strategis, dan inkubasi.

Bagi startup yang belum memiliki managemen solid, Ideosource akan melakukan inkubasi dengan memberikan bantuan pengelolaan managemen, dukungan bisnis, serta akses ke pasar. Selain itu, juga dilakukan bimbingan dan kemitraan strategis.

Sehingga selain memberikan modal, ia juga memberikan masukan dan membantu pengembangkan perusahaan, mulai dari membantu memberikan akses jaringan dan pasar hingga mengawasai pengelolaan perusahaan. “Kita ketemu tiap minggu, kita bantub apa itu channel, revenue, legalaccess to marketproduct. Jadi setiap angle kita ajak ngobrol. Kita bimbing,“ jelas Andi

Sekitar 200 perusahaan telah ia temui. Puncaknya, tahun 2012 lalu saat Ideosource Incubation Audition, ajang pencarian enterpreneur digital industri berbakat. Dalam acara tersebut ia menyeleksi 150 startup di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Malang. “Capenya industrinya masih baru. Cape keliling-keliling, cape ketemu. Ya bayangin aja dari 150, terpilih 50, ujung-ujungnya 6 yang diinvestasikan,” ujarnya. “Apa ga cape itu? Ya memang ada gep. Ya tapi harus dijalanin. Enaknya 3-5 tahun lagi. Tapi kalau saya mulainya nanti 3-5 tahun ya telat.”

Bukan perkara mudah menemukan perusahaan yang akan dijadikan mitra bisnis. Bagi Andi, terdapat tiga  faktor penting dalam memilih perusahaan atau pun start up. Pertama, value founder. “Aura saat ketemu penting banget bagi saya. Saya bisa lihat orang ini bisa cocok atau ngga. Pertemuan pertama itu penting banget,” tuturnya. Selain itu, kemampuan fundamental, baik pengalaman maupun pengetahuan dan pemahaman market yang baik juga menjadi penilaian penting.

Hingga saat ini, Ideosource telah memiliki 10 portofolio. Perusahaan pertama yang diberi suntikan modal yaitu TouchTen, game developer lokal berbasis iOS yang berhasil menembus pasar luar negeri. Game yang dikembangkan perusahaan itu antara lain, Sushi Chain dan Infinite sky. Portofolio investasi lainnya, yaitu Kark, platform edukasi mobile dan Saqina.com, startup e-commerce yang fokus menjual busana muslim.

Tak hanya perusahaan dalam negeri, Ideosource juga menggaet perusahaan digital dari Singapura, yaitu Gimmieworld, yang fokus pada platform user loyalty and reward. Sedangkan enam perusahaan lainnya berasal dari pemenang Ideosource Incubation Audition. “ Yang enam ini masih dalam persiapan, Maret baru akan di-publish,” ujarnya. Namun, Andi enggan menyebutkan nilai investasi di masing-masing perusahaan tersebut.

Perusahaan yang memiliki modal awal US$ 5 juta tersebut memiliki klasifikasi tersendiri dalam memberikan dana. Pendanaan pertama bagi perusahaan kecil, yaitu sekitar US$ 200 ribu. Untuk pendanaan berikutnya, saat perusahaan sudah memiliki bisnis model yang baik akan diberi US$200-500 ribu. Dan pendanaan ketiga, yaitu untuk memperbesar skala perusahaan, dimana pendapatan perusahaan juga sudah cukup besar. Jumlah dana di fase ini, bergantung pada kebutuhan.

Managemen Ideosource terbilang ramping dengan tim yang kurang dari 10 orang. Selain Andi, juga terdapat Edward Ismawan Chamdai, serta Andrias Ekoyuono sebagai Vice President Business Development, dan Sugiono Wiyono sebagai investment committee. “Yang lainnya lebih ke tim operation,” ujar Andi.

Andi mengatakan tak seluruh perusahaan digital industri membutuhkan modal uang. Gimmieworld misalnya. Perusahaan asal Singapura tersebut membutuhkan strategic value berupa akses ke pasar untuk memperluas jaringan dan penetrasi ke dalam negeri. Namun, untuk sinergi kerjasama Ideosource melakukan investasi ke Gimmieworld. “Value uang penting. But it’s not the reason why you work with us. Yang punya uang lebih besar dari kita banyak, tapi yang punya value seperti kita sulit.” ujar.

Visi global yang dimiliki Andi menggiring Idosource tak hanya menjadi digital investment lokal, tetapi juga menggaet perusahaan dari luar negeri. Tak berhenti sampai disitu, Ideosource - kini modalnya masih berasal dari dua investor lokal, juga tengah menjajaki investor dari luar negeri, seperti Amerika dan Jepang.

Ia menargetkan hingga 2016, dapat mengumpulkan modal investasi sekitar US$20 juta – 30 juta. Dana tersebut akan diinvestasikan kepada sekitar 30-40 perusahaan, bergantung pada skala perusahaan. Melalui sistem venture capitalreturn on investment dapat dicapai sekitar 5 tahun. Perusahaan juga akan mendapatkan management fee. Kemudian setelah pay back period dan dipotong hurdle rate (tingkat keuntungan yang dipersyaratkan atau yang diharapkan), venture capital juga akan mendapat laba 20%.  

Ideosource memiliki porsi saham minoritas sekitar 30% diperusahaan dan duduk di kursi komisaris. “Kita belum mau terlibat di operation. Biar mereka juga membuktikan diri mereka dulu dalam mengoperasikan perusahaan,” ujar Andi.  

Digital industri secara keseluruhan merupakan industri yang masih cukup muda. Infrastruktur dan ekosistem digital Indonesia yang masih jauh tertinggal dibandingkan negara lain memang jadi tantangan besar bagi para pengusaha start up. Meskipun begitu, besarnya pasar di indonesia mampu menjadi magnet bagi banyak orang untuk berlomba membentuk startup.

Bahkan, Daniel Haryanto, Pengamat digital media dari Prasetya Mulya mengatakan pertumbuhan startup digital industri dalam dua tahun terakhir mengalami lonjakan yang sangat tinggi. Hal ini dipacu oleh makin tingginya penggunaan smartphone dan akses internet. Salah satu startup yang berkembang pesat adalah konten, yang terdiri dari 40% informasi dan 60% game.

Menurut Daniel, memang tidak ada data pasti jumlah startup digital saat ini. Namun, dari sejumlah sumber yang ia ketahui terdapat sekitar 1500 startup. Ia memperkirakan pertumbuhan jumlah startup di tahun ini bisa mencapai 50%. “setiap hari itu keluar lagi yang baru,” ujarnya.

Namun, sayangnya tak semua startup mampu bertahan lama. Kurangnya komitmen pendiri, ketidaksabaran, dan managemen yang buruk menjadi bagian dari penyebab tutupnya startup. Selan itu, sulitnya memperoleh sumber modal juga menjadi tantangan bagi startup. Dari sisi perbankan yang konservatif dengan persyaratan dan birokrasi yang sulit, membuat ruang gerak startup untuk memperoleh modal sangat sempit.

“Investor lokal terhadap startup itu belum seperti di luar negeri. Umumnya masih koservatif berpikirnya : berani kasih untung berapa, balik berapa tahun. Konglomerasi besar kan banyak uang, tapi kurang berani untuk inject money,” ujarnya.

Menurut Daniel, dalam kondisi seperti ini, venture capital memiliki peran penting dalam pengembangan startup. Tak sekedar memberi bantuan dalam hal uang, tapi juga bimbingan dan inkubasi bagi para pengusaha baru untuk dapat mengembangkan startup. Namun, sayangnya pertumbuhan venture capital berbasis digital industri masih terbilang rendah yaitu 10% pertahun. “Kebanyakan Venture capital itu masih melihat usaha yang real, yang terlihat barang jualannya dan besaran untungnya,” ujarnya.

Besarnya pertumbuhan startup mendorong kebutuhan modal yang juga besar. Bahkan, menurut Daniel, kini muncul tren situs crowdfounding yang menjadi solusi dalam merealisasikan ide kreatif, bukan hanya bagi digital industri, tapi juga industri kreatif. Situs tersebut akan menghimpun dana sebanyak mungkin orang untuk merealisasikan ide kreatif.

Tulisan ini pernah dimuat di Majalah Fortune Indonesia, Vol.57





7 comments:

  1. Selamat Tahun Baru semuanya,

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      Delete
  2. Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 6 bulan. kemudian saya tought bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Nyonya besar, CAHYA KIRANA, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari € 30.000, setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk saya sangat mengejutkan. dia memberi saya pinjaman dari € 30.000 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya dan pinjaman saya siap, dalam waktu 72 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini sayangku Saudara-saudara perempuan dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan sangat greatfull padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email dan mendapatkan pinjaman hari ini .. cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, Anda juga dapat menghubungi saya di kasihbambang2012@gmail.com untuk lebih jelasnya!

    ReplyDelete
  3. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete

  4. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kreditan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Halo, semuanya, tolong, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk mengkomunikasikan kepada Anda semua tentang kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit nyata yang mengubah hidup saya dari rumput menjadi anugerah, dari kemiskinan menjadi orang kaya, yang sekarang hidup sehat dan kaya tanpa stres dan kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan ditipu dengan jumlah $ 3.470 USD, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke akun baru saya. teman - baru-baru ini mendapatkan pinjaman online, kami membahas masalah ini dan kesimpulan kami menceritakan kisah seorang wanita bernama Mrs.Endah, yang merupakan CEO RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS jadi saya meminta jumlah pinjaman ($ 60.000,00) dengan suku bunga rendah, jadi pinjaman yang mudah disetujui tanpa tekanan dan persiapan telah dibuat mengenai transfer kredit dan kurang dari empat (4) hari, pinjaman disetorkan ke Rekening bank saya, saya pikir itu adalah lelucon, sampai saya menerima panggilan dari bank saya yang akun saya miliki telah dikreditkan dengan $ 60,000.00 Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan saya pemberi pinjaman kredit nyata yang mampu memberikan keinginan hati Anda. Banyak terima kasih Mrs.Endah karena telah membuat hidup adil bagi saya jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman harus tolong cekact Ibu melalui e-mail (ramadhanislamiyatloans@gmail.com), yang adalah bagaimana saya bisa mendapatkan kredit sehingga saya dapat membayar tagihan saya. Jadi terima kasih, karena Anda meluangkan waktu untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan juga akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda, saya bernama Abdul. Anda dapat menghubungi saya untuk lebih mengarahkan {oliverhwallace1@gmail.com}

    ReplyDelete
  6. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    ReplyDelete